PEMBELAJARANMENULIS TEKS RESENSI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIKKELAS XI SMA NEGERI 1 JALANCAGAKTAHUN PELAJARAN 2017-2018

Frezzalia Nurina, NPM : 168090014 (2019) PEMBELAJARANMENULIS TEKS RESENSI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIKKELAS XI SMA NEGERI 1 JALANCAGAKTAHUN PELAJARAN 2017-2018. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Frezzalia Nurina.docx

Download (75kB)

Abstract

Nurina, Frezzalia. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Resensi dengan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Pembimbing (I) Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd,. Pembimbing (II) Dr. H. Uus Toharudin, M.Pd. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Menulis Teks Resensi, Cerpen, Berpikir Kritis. Model Project Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui interaksi dengan temannya dalam menuangkan daya berpikirnya untuk menyelesaikan proyek yang ditugaskan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen, perbedaan signifikansi kemampuan menulis teks resensi cerpen, peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan perbedaan signifikansi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dilakukan terhadap sampel dua kelas. Satu kelas pembandingnya merupakan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menerapkan metode campuran (mix method). Instrumen yang digunakan berupa lembar soal menulis teks resensi cerpen, lembar observasi aktivitas dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen dengan peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen lebih tinggi pada kelas eksperimen yang menerapkan model Project Based Learning dibandingkan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan selisih rata-rata sebesar 5,38, 2) terdapat perbedaan signifikan terhadap kemampuan menulis teks resensi cerpen dengan signifikansi lebih baik terhadap kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,007< 0,05 batas nilai signifikan, 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis terjadi lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan selisih nilai rata-rata sebesar 4,84, 4) perbedaan yang signfikan terjadi dalam hal kemampuan berpikir kritis antara kedua kelas, selisih rata-rata kelas eksperimen sebesar 9,45 sedangkan kelas kontrol sebesar 4,61 dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 pembelajaran model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih baik dibandingkan model yang diterapkan pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 01 Mar 2019 05:05
Last Modified: 01 Mar 2019 05:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40982

Actions (login required)

View Item View Item