PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 5 CIANJUR TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Yani Andriyani Gustina, NPM : 168090005 (2019) PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 5 CIANJUR TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Yani Andriyani Gustina.docx

Download (122kB)

Abstract

Andriyani Gustina, Yani. 2018. Penerapan Model Collaborative Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dan Dampaknya terhadap Peningkatan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Cianjur Tahun Pelajaran 2017-2018. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing: (I) Prof.Dr. H. M. DidiTurmudzi, M.Si., (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu indikator bagi pembangunan masyarakat yang cerdas. Oleh karena itu,peserta didik harus memiliki kemampuan berpikir kritis salah satunya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Namun, masih banyak peserta didik belum mampu berpikir kritis. Hal tersebut terlihatdarimasih rendahnya hasil tulisan peserta didik. Sehingga, peran pendidik sangat penting dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran collaborative learningmerupakan model pembelajaran yang dilandasi oleh pemikiran bahwa kegiatan belajar hendaknya mendorong dan membantu peserta didik untuk terlibat dalam membangun pengetahuan dan mencapai pemahaman yang mendalam atau mampu berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran collaborative learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik dan berdampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methodsdenganmetode penyisipan dan desain penelitian quasi eksperimental design. Instrumen utama yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 5 Cianjur. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII H berjumlah 32 peserta didik dan kelas kontrol adalah kelas VIII I berjumlah 34 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran collaborative learningdapat mengefektifkan pembelajaran dengan sangat baik; adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran collaborative learning dengan peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung; kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi dengan model pembelajarancollaborative learning lebih baik daripada kemampuan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct Instruction);adanya dampak yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran collaborative learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didikdengan nilai korelasi 0.881 dan nilai signifikansi 0.000. Dengan demikian model pembelajaran collaborative learning dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam kelas terkait dengan pembelajaran menulis teks eksplanasi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Collaborative Learning, Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 02:08
Last Modified: 27 Feb 2019 02:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40878

Actions (login required)

View Item View Item