Siti Nurdiati, 145060226 (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas V Tema 1 SD Negeri 033 Asmi Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Indonesia.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. inggrispdf.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Sunda.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BABI.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BABII.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BABIII.pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text
BABIV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
Text
DaftarPustaka.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan. Kegiatan ini dilakukan di kelas V SDN 033 Asmi Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotor masih di bawah KKM. Hal ini karena guru masih menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan kurangnya penguasaan beberapa model pembelajaran sehingga banyak siswa masih pasif pada saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sintak pembelajaran discovery learning yaitu pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat menunjukkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh pada siklus I menunjukkan sikap percaya diri sebesar 37%, siklus II 70, dan siklus III 93%. Hasil penilaian pada sikap tanggungjawab pada siklus I sebesar 45%, siklus II 73%, dan siklus III 90%. Selanjutnya penilaian pada pemahaman siswa, siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 73, dan siklus III sebesar 90%. Sedangkan pada keterampilan mengomunikasikan, pada siklus I sebesar 57%, pada siklus II 77%, dan siklus III 87%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan di kelas V SDN 033 Asmi Bandung. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran discovery learning ini dapat dijadikan sebagi salah satu alternative model pembelajaran untuk diterapkan di kelas, salah satunya pada subtema manusia dan lingkungan. Kata Kunci: Model pembelajaran discovery learning, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 03:55 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 03:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40700 |
Actions (login required)
View Item |