PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN DAMPAKNYA TERHADAP HABITS OF MIND SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

SRI ANDINI, NPM. 168060078 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN DAMPAKNYA TERHADAP HABITS OF MIND SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
SRI ANDINI_MPM - Copy.docx

Download (82kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan dampaknya terhadap Habits of Mind siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan mixed method strategy embedded concurrent. Penelitian dilakukan terhadap dua kelas yang memiliki kemampuan yang sama. Kelas pertama adalah kelas eksperimen, sedangkan kelas kedua merupakan kelas kontrol. Kelas 7A terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang siswanya diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual, dan kelas 7B terpilih sebagai kelas control yaitu kelas yang siswanya diberikan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah berupa test uraian pemahaman konsep dan angket habits of mind. Uji statistic yang digunakan adalah uji statistic one-Sample Kolmogorof-Smirnov Test, uji homogenitas varians populasi menggunakan uji Levene’s Test for Equality of Variances. Sedangkan untuk uji kesamaan dua rata-rata pretes menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji regresi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan ekspositori, (2) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap habits of mind matematika siswa SMP yang menggunakan pembelajaran kontekstual dan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (3) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang signifikan pada siswa kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran secara kontekstual, (4) Habits of mind siswa SMP yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara ekspositori. Kata Kunci : Kontekstual, Pemahaman Konsep dan Habits of Mind

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Feb 2019 04:17
Last Modified: 15 Feb 2019 04:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40486

Actions (login required)

View Item View Item