RANCANGAN RENCANA STRATEGIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN (Studi Kasus Pada Laboratorium Klinik Biotamma Sumedang)

Esti Murani, NPM: 168020095 and Pembimbing, Dr. Undang Juju SE., M. Si (2019) RANCANGAN RENCANA STRATEGIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN (Studi Kasus Pada Laboratorium Klinik Biotamma Sumedang). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal Esti 2019-copy.docx

Download (30kB)

Abstract

Untuk menghadapi persaingan global layanan laboratorium klinik, diperlukan manajemen strategis dan reformasi dalam penataan sistem pelayanan yang menuntut adanya kebertanggungjawaban (akuntabilitas), kejelasan (transparansi), ketepat-gunaan (efektivitas) dan keberhasil-gunaannya (efisiensi). Manajemen strategis menekankan pemantauan dan evaluasi peluang dan ancaman mengingat kekuatan dan kelemahan organisasi. Beberapa teknik diperlukan untuk perumusan strategis. Analisis SWOT, eksternal, dan internal telah dikenal sebagai teknik untuk tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rancangan rencana strategis dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan pasien di Laboratorium Klinik Biotamma kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan adalah metode perancangan deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan pengamatan langsung, observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan telaah dokumen.Penelitian dilakukan di Laboratorium Klinik Biotamma Kabupaten Sumedang Hasil analisis faktor internal (IFAS) menunjukkan skor -1,09 dan analisis faktor Eksternal (EFAS) menunjukkan skor 1,57, hasil analisis SWOT dan diagram kastesius menunjukkan bahwa posisi bersaing laboratorium berada di kuadran III, maka strategi bersaing yang dipilih adalah memanfaatkan peluang untuk memperbaiki mutu pelayana laboratorium. Penelitian ini menghasilkan 7 rumusan sasaran strategis yang relevan untuk Laboratorium Klinik Biotamma dalam mewujudkan visi dan misi tahun 2023 yaitu, Pengembangan layanan laboratorium dan penunjang diagnostik; Peningkatkan mutu pelayanan Laboratorium; Perbaikan sarana pendukung pelayanan laboratorium; Pengembangan sistim informasi yang terintegrasi secara menyeluruh; Pemberdayaan SDM yang kompeten; Terwujudnya Laboratorium Klinik Biotamma sebagai pilihan utama masyarakat; Pengembangan program pemasaran. Kemudian untuk mengukur tingkat keberhasilan pencapaian sasaran strategis pilihan tersebut disusun indikator kinerja utama atau Key Performance Indicator (KPI) dan diimplementasikan dalam program kerja strategis Laboratorium Klinik Biotamma periode tahun 2019-2023. Dalam penelitian ini dihasilkan 7 rumuskan sasaran strategis yang relevan untuk Laboratorium Klinik Biotamma dalam mewujudkan visi dan misi tahun 2023 yaitu, Pengembangan layanan laboratorium dan penunjang diagnostik; Peningkatkan mutu pelayanan Laboratorium; Perbaikan sarana pendukung pelayanan laboratorium; Pengembangan sistim informasi yang terintegrasi secara menyeluruh; Pemberdayaan SDM yang kompeten; Terwujudnya Laboratorium Klinik Biotamma sebagai pilihan utama masyarakat; Pengembangan program pemasaran. Kemudian untuk mengukur tingkat keberhasilan pencapaian sasaran stragegis pilihan tersebut disusun indikator kerja utama atau Key Performance Indicator (KPI) dan diimplementasikan dalam program kerja strategis Laboratorium Klinik Biotamma periode tahun 2019-2023. Kata kunci: Layanan Laboratorium Klinik, Matriks SWOT, Sasaran Strategi, Key Performance Indicator, Program Kerja Strategis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 Feb 2019 09:11
Last Modified: 21 Dec 2019 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40442

Actions (login required)

View Item View Item