MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN CERITA PENDEK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 46 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Yetti Nurhayati, NPM : 168090013 (2018) MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN CERITA PENDEK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 46 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
YETTI NURHAYATI.docx

Download (23kB)

Abstract

Discovery Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Cerita Pendek untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 46 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H.M. Didi Turmudzi, M.Si. (2) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Kata Kunci : berpikir kritis, model discovery learning, pembelajaran menulis teks ulasan cerita pendek. Model Discovery Learning diterapkan dalam pembelajarn menulis teks ulasan cerita pendek untuk meningkatkan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan cerita pendek dengan menggunakan model discovery learning; (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan cerita pendek antara yang menggunakan model discovery learning dengan model ekspositori; (3) mengetahui penerapan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks ulasan cerita pendek terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa; (4) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang menggunakan model discovery learning dengan model ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks ulasan cerita pendek siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang diketahui berdasarkan nilai prates dan nilai pascates. Peningkatan kemampuan menulis teks ulasan cerita pendek siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut diketahui berdasarkan data N-gain diperoleh nilai sig. = 0,000, artinya rerata skor N-gain kemampuan menulis teks ulasan siswa di kelas eksperimenlebih baik daripada N-gain kemampuan menulis teks ulasan siswa di kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan, hal tersebut dapat diketahui berdasarkan nilai prates dan pascates kemampuan berpikir kritis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimenlebih baik dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil data N-gain diperoleh nilai Sig = 0,000 <a (a = 0,05), artinya rataan skor N-gain kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:20
Last Modified: 07 Feb 2019 07:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40385

Actions (login required)

View Item View Item