PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ( STUDI PENGGUNAAN SARANA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER di SMP NEGERI 1 CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT)

Yuyun Yunica, NPM. 148020046 (2016) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ( STUDI PENGGUNAAN SARANA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER di SMP NEGERI 1 CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
YUYUN.docx

Download (136kB)

Abstract

Memasuki abad ke-21 dunia semakin mengglobal, bergerak dan berubah semakin cepat berkompetitif. Semua bidang mengalami pergeseran dan tantangan termasuk lembaga pendidikan.Pemerintah punmemilikikomitmen yang kuatterhadapmutupendidikan. Hal inidiimplementasikanantara lain melaluiRencanaStrategis (Renstra) Kemendikbud 2010-2014 (Kemendikbud, April 2013), yaituhubungannyadengan program Bappenasantara lain dalamPeningkatanMutuPendidikanmelaluiSekolahBerbasisStandarNasionalPendidikandanJejaringMutuPendidikanolehPusatPenjaminanMutuPendidikan BPSDMPK (BadanPengembanganSumberDayaManusiaPendidikandanKebudayaan) dalamhalpengawasandanpenjaminanmutusecaraterprogramdenganmengacupadaStandarNasionalPendidikan (SNP) danSurveiBencmarkingMutuPendidikanterhadapStandarInternasional.Mutupendidikandapatdiukurdaritingkatkompetensi yang dimilikioleh guru-guru dan di dukungjugaolehsarana media pembelajaran.Berdasarkanpaparandiatasmakapenelitianinibertujuanuntukmengetahuiseberapabesarpengaruhkompetensi guru dansarana media pembelajaranterhadapefektivitaspembelajaran di SMP Negeri 1 CisaruaKabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruhkompetensi guru dansarana media pembelajaranterhadapefektivitaspembelajaran. Penelitian yang dilakukan penelitiadalahpenelitiankuantitatif, sedangkanmetode yang digunakanadalah metode survey. Metodepengumpulan data menggujnakanangket, observasidanstudidokumentasi. Data analisisdenganteknikpersentase, korelasidenganbantuan program SPSS for Windows version 20.0.Beradasarkanhasilpenelitiandanpembahasanpadapenelitianinidapatdiambilkesimpulansebagaiberikut. Dari hasilpersamaan yang terbentukdapatdijelaskanbahwakoefisienjaluruntukvariabelbebas X1 dan X2 dalammembentukvariabelterikat Y adalahsebesar, X1 = 0,519 dan X2 = 0,413. Nilaikoefisiendeterminasiatau R-square (R2) yang diperolehsebesar 0,811 ataukontribusivariabel X1 dan X2 terhadap Y adalahsebesar 81,1%. Dengandemikiankontribusivariabelerrorterhadap Y adalahsebesar 0,189 atau 18,9%. Kompetensi guru (X1) berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran sebagaimana telah di sajikan pada uji-t dengan total pengaruh sebesar 45,50%, terdiri atas pengaruh langsung sebesar 26,96% dan pengaruh tidak langsung sebesar 18,54%. Sedangkansarana media pembelajaran(X2) berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran sebagaimana telah di sajikan pada uji-t dengan total pengaruh sebesar 35,59%, terdiri atas pengaruh langsung sebesar 17,05% dan pengaruh tidak langsung sebesar 18,54%.Dan hasil analisis secara simultan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru (X1), dan sarana media pembelajaran (X2)terhadap efektivitas pembelajaran (Y) sebesar 81,1%. Sedangkan pengaruh dari variabel lain yang tidak diamati adalah sebesar 18,9%.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Jun 2016 07:04
Last Modified: 15 Jun 2016 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/4029

Actions (login required)

View Item View Item