KAJIAN SOSIOPRAGMATIK TERHADAP PENGGUNAAN METAFORA DALAM KOMENTAR BLOG SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMP/MTS

SRI RATNAWULAN, NPM : 158090019 (2018) KAJIAN SOSIOPRAGMATIK TERHADAP PENGGUNAAN METAFORA DALAM KOMENTAR BLOG SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMP/MTS. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Sri Wulan.docx

Download (85kB)

Abstract

Ratnawulan, Sri. 2018. Kajian Sosiopragmatik terhadap Penggunaan Metafora dalam Komentar Blog serta Pemanfaatannya sebagai Alternatif Bahan Ajar Gaya Bahasa di SMP/MTS. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (1) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Poppy Yaniawati, M.Pd. Kata Kunci : Kajian sosiopragmatik, penggunaan metafora, komentar blog, bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mendeskripsikan penggunaan metafora pada komentar blog seword ditinjau dari kajian sosiopragmatik, (b) Mendeskripsikan pemanfaatan hasil kajian untuk digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam konteks LKPD.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif (metode campuran). Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan metafora dalam komentar blog ditinjau dari aspek prinsip kerjasama dan prinsip kesopanan pada komentar blog seword.com.Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa penggunaan metafora dalam komentar blog Seword.com dengan artikel-artikel yang dijadikan sampel penelitian menunjukkan adanya pelanggaran kaidah-kaidah kebahasaan, seperti tata kata dan tata kalimat. Selain itu, komentar-komentar yang terlontar kurang mengindahkan prinsip kerja sama seperti maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim hubungan, dan maksim cara, serta prinsip kesopanan seperti aspek kedermawanan, aspek pujian, aspek rendah hati, aspek kesepakatan, dan aspek simpati. Bahan ajar berupa lembar kerja (LKPD) dalam komentar blog Seword menunjukkan hasil yang baik. Pemahaman siswa/peserta didik dalam penggunaan gaya bahasa, terutama metafora semakin tergugah dengan adanya stimulus melalui lembar isian (LKPD). Selain itu, peserta didik juga memahami pentingnya prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan dalam susunan kalimat yang dibuat ataupun peristiwa komunikasi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:50
Last Modified: 28 Dec 2018 04:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40275

Actions (login required)

View Item View Item