Dika Pramahardi, 103060023 (2018) IDENTIFIKASI KUALITAS PELAYANAN FASILITAS PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR KECAMATAN SUMUR BANDUNG KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
Text
1 TA DIKA COVER.docx Download (61kB) |
|
Text
8 TA DIKA BAB I PENDAHULUAN.docx Download (638kB) |
Abstract
Sarana pendidikan merupakan sarana yang mendasar dalam hal pengembangan kehidupan masyarakat. Sarana pendidikan berperan sanagat penting bagi masyarakat sebagai tempat untuk belajar dan mengembangkan diri. Kualitas dan keberlangsungan proses pendidikan sanagat bergantung pada ketersediaan sarana pendidikan berikut kelengkapannya. Dalam hal penyelenggaraanya pendidikan dapat dilakukan melalui jalur sekolah dan luar sekolah. Pembangunan dan pemerataan fasilitas pendidikan telah di lakukan oleh pemerintah daerah, dengan melihat standar pelayanan dimana keberadaan fasilitas pendidikan harus mudah di capai oleh siswa. Namun pemerataan fasilitas pendidikan tidak diiringi dengan pemerataan kualitas pendidikan. Hal ini membentuk preferensi masyarakat dalam memburu sekolah favorit sehingga persebaran sekolah yang merata tetap tidak efektf. Masyarakat cenderung memilih sekolah favorit yang biasanya terletak di pusat kota dengan alasan sekolah tersebut memiliki kualitas yang lebih baik. Hal tersebut berdampak kepada kemacetan yang ditimbulkan pada saat pagi dan siang hari saat jam masuk dan pulang sekolah Untuk mengubah pola pikir masyarakat dalam berburu sekolah favorit pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional menerapkan kebijakan sistem zonasi yang tercantum dalam Permendikbud nomor 17 tahun 2017. Kebijakan ini merupakan upaya pemerintah dalam upaya pemerataan pendidikan di semua kawasan. Dengan adanya sistem zonasi PPDB ini diharapan sekolah lebih mengutamakan siswa tinggal yang berada di sekitar lingkungan sekolah. Namun terdapat kekurangan dari kebijakan ini, dimana sistem zonasi tidak berlaku untuk sekolah swasta dan sekolah kejuruan. Tujuan dari penelitian kali ini adalah mengidentifikasi kualitas pelayanan fasilitas pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah kuantitatif dan kualitatif, dimana metode kuantitatif tersebut yakni analisis Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) berupa persentase pengguna yang senang dalam suatu survei kepuasan pengguna, dan metode kualitatif dengan melihat analisis hasil persepsi masyarakat (kuesioner). Hasil dari penelitian ini yaitu teridentifikasinya beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan fasilitas pendidikan agar pemerataan fasilitas yang ada saat ini diiringi dengan pemerataan kualitas pendidikan tersebut agar hilangganya persepsi masyarakat akan adanya sekolah favorit. Kata kunci : Fasilitas Sosial, Kualitas , Pelayanan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018 |
Depositing User: | Ms sri - |
Date Deposited: | 31 Oct 2018 09:50 |
Last Modified: | 31 Oct 2018 09:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40196 |
Actions (login required)
View Item |