“UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BENDA DAN SIFATNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Semester I SDN Campaka Soreang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2015-2016)

NINDITA AYUDEA, 115060049 (2018) “UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BENDA DAN SIFATNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Semester I SDN Campaka Soreang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2015-2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dengan judul Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Benda dan Sifatnya Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Kelas IV Semester I SDN Campaka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari rendahnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, dari hasil wawancara terhadap guru kelas IV SDN Campaka dapat diketahui pemahaman siswa pada materi benda dan sifatnya. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga anak kurang terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi aktivitas dalam belajarnya yang kurang optimal. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Picture and Picture berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan pada materi benda dan sifatnya. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari siklus I dan II terlihat dari sikap disiplin dan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Picture and Picture. Pada siklus I hasil tes siswa memperoleh nilai rata-rata 2,67 dengan persentase 64% pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 3,1 dengan persentase 100%. Hal ini dikarenakan penggunaan model Picture and Picture siswa dituntut untuk bekerja sama dalam meguasai materi yang diberikan tetapi juga memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan bersosialisasi sehingga siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir dan dalam kegiatan belajar dapat menumbuhkan sikap saling berbagi kemampuan diri sendiri ataupun dengan temannya sehingga mempengaruhi sikap disiplin dan hasil belajar pun akan lebih baik. Maka dapat disimpulkan model Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Model Picute and Picture, aktivitas, hasil belajar siswa dan benda dan sifatnya

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Oct 2018 06:59
Last Modified: 29 Oct 2018 06:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40040

Actions (login required)

View Item View Item