PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TEKNIK JIGSAW DENGAN TEKNIK STAD PADA KELAS X DI MA MIFTAHUNNAJAH

M RYAN FATHURROHMAN, 125040166 (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TEKNIK JIGSAW DENGAN TEKNIK STAD PADA KELAS X DI MA MIFTAHUNNAJAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT SKRIPSI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img]
Preview
Text
BAGIAN AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Student Team Achievement Devision (STAD) di kelas X MA Miftahunnajah Ciranjang pada mata pelajaran Biologi materi Plantae. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan menggunakan desain penelitian Two Group, Pretest-postets Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di MA Miftahunnajah, dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes. Uji validitas instrument menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas instrument dengan rumus Kuder Richardson. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dengan Chi Kuadrat dan uji homogenitas varians. Untuk mengetahui besar prestasi kelas Jigsaw dan kelas STAD menggunakan Tendensi Sentral (rata-rata). Teknik analisis mengunakan N-Gain dan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji-t Polled Varians karena jumlah anggota sampelnya sama (n 1 =n 2 ) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar post test kelas Jigsaw sebesar 80,00 dan kelas STAD sebesar 78,60 dari uji hipotesis didapatkan � lebih kecil dari � = 0.9878 < = 2.001717). Hasil peningkatan prestasi belajar, dapat dilihat dari nilai Gain dari masing-masing kelas yaitu kelas Jigsaw 0,660 masuk dalam kategori sedang dan kelas STAD 0,661 masuk dalam kategori sedang pula, sehingga kelas yang menggunakan metode STAD mempunyai peningkatan hasil belajar yang sedikit lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan metode Jigsaw. Key note : Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Oct 2018 08:16
Last Modified: 26 Oct 2018 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39965

Actions (login required)

View Item View Item