M RYAN FATHURROHMAN, 125040166 (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TEKNIK JIGSAW DENGAN TEKNIK STAD PADA KELAS X DI MA MIFTAHUNNAJAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT SKRIPSI.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
||
|
Text
BAGIAN AKHIR SKRIPSI.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Student Team Achievement Devision (STAD) di kelas X MA Miftahunnajah Ciranjang pada mata pelajaran Biologi materi Plantae. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan menggunakan desain penelitian Two Group, Pretest-postets Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di MA Miftahunnajah, dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes. Uji validitas instrument menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas instrument dengan rumus Kuder Richardson. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dengan Chi Kuadrat dan uji homogenitas varians. Untuk mengetahui besar prestasi kelas Jigsaw dan kelas STAD menggunakan Tendensi Sentral (rata-rata). Teknik analisis mengunakan N-Gain dan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji-t Polled Varians karena jumlah anggota sampelnya sama (n 1 =n 2 ) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar post test kelas Jigsaw sebesar 80,00 dan kelas STAD sebesar 78,60 dari uji hipotesis didapatkan � lebih kecil dari � = 0.9878 < = 2.001717). Hasil peningkatan prestasi belajar, dapat dilihat dari nilai Gain dari masing-masing kelas yaitu kelas Jigsaw 0,660 masuk dalam kategori sedang dan kelas STAD 0,661 masuk dalam kategori sedang pula, sehingga kelas yang menggunakan metode STAD mempunyai peningkatan hasil belajar yang sedikit lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan metode Jigsaw. Key note : Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 08:16 |
Last Modified: | 26 Oct 2018 08:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39965 |
Actions (login required)
View Item |