PENGAWASAN INSPEKTORAT TERHADAP PENGELOLAAN DAN TANGGUNG JAWAB KEUANGAN DAERAH SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TINDAK PIDANA KORUPSI

SUANTONY, NPM : 129313020 (2018) PENGAWASAN INSPEKTORAT TERHADAP PENGELOLAAN DAN TANGGUNG JAWAB KEUANGAN DAERAH SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TINDAK PIDANA KORUPSI. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
jurnal suantony DIH_copy.rtf

Download (715kB)

Abstract

Dengan semakin meningkatnya jumlah kepala daerah yang ditangkap oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi akhir-akhir ini telah menimbulkan pertanyaan terkait peran pengawasan internal yang dilakukan oleh inspektorat daerah. KPK mengidentifikasi lemahnya pengawasan oleh inspektorat daerah disebabkan kapasitas inspektorat daerah yang rendah dan independensi aparaturnya yang bermasalah. Akibatnya praktik korupsi di kalangan kepala daerah khususnya terus berlangsung. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi identifikasi permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana konsep pengawasan Inspektorat sebagai instrumen pengendalian keuangan daerah dan pencegahan tindak pidana korupsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan utama yang dihadapi oleh Inspektorat Daerah bukan semata-mata kapasitas yang kurang memadai, namun lebih kepada hubungan patron-klien yang masih terjadi dalam birokrasi di daerah. Konsep pengawasan inspektorat daerah sebagai instrumen pengendalian keuangan daerah dan pencegahan tindak pidana korupsi dilakukan dengan memberikan kewenangan terutama berkaitan dengan kedudukan Inspektorat Daerah yang independen (vertikal) dalam melaksanakan pengawasan, pengendalian keuangan daerah dan pencegahan tindak pidana korupsi, sehingga akan berdampak pada kegiatan pengawasan pengendalian keuangan daerah dan pencegahan tindak pidana korupsi akan terlaksana dengan efektif. Oleh karena itu, perlu ada perumusan kebijakan, kedudukan dan strategi pengawasan Inspektorat Daerah yang diarahkan untuk kegiatan pencegahan dan pendeteksian tindak pidana korupsi, sehingga berdasarkan hasil pengawasan yang dilaksanakannya dapat menentukan ada tidaknya kerugian negara. Kata Kunci: Inspektorat, Pencegahan, Korupsi.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Hukum 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 25 Oct 2018 08:09
Last Modified: 25 Oct 2018 08:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39934

Actions (login required)

View Item View Item