Pengaruh Model PembelajaranProblem-Based Learningterhadap Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis serta Minat Belajar Siswa SMP

ASRI RACHMI KUSUMAH, NPM : 168060031 (2018) Pengaruh Model PembelajaranProblem-Based Learningterhadap Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis serta Minat Belajar Siswa SMP. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Publikasi Asri.docx

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem-Based Learningterhadap kemampuan representasi dan komunikasi matematis serta minat belajar siswa SMP.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed method) dengan tipeembedded desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN Unggulan Sindang kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan VIII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)peningkatan kemampuan representasi matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem-Based Learninglebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2)minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem-Based Learninglebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis, kemampuan komunikasi matematis, dan minat belajar siswa; (4) terdapat pengaruh positif minat belajar terhadap kemampuan representasi matematis dan kemampuan komunikasi matematis. . Kata kunci: Problem-Based Learning,Representasi Matematis, Komunikasi Matematis, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:17
Last Modified: 24 Oct 2018 04:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39813

Actions (login required)

View Item View Item