Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learningterhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Berpikir KritisSerta Motivasi Belajar Siswa SMP

ARIS FITRIYANTO, NPM : 168060030 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learningterhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Berpikir KritisSerta Motivasi Belajar Siswa SMP. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Publikasi Aris.docx

Download (52kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learningterhadap kemampuan penalaran matematis dan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed method) dengan tipeembedded desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN Unggulan Sindang kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII D dan VIII E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)peningkatan kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based learninglebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based learninglebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis, kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar siswa; (4) terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berpikir kritis. Kata kunci : Problem Based Learning,Penalaran Matematis, Berpikir Kritis, Motivasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:14
Last Modified: 24 Oct 2018 04:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39811

Actions (login required)

View Item View Item