PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 27 KOTA BANDUNG

SYARIFUDIN, NPM. 118232051 (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 27 KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel Saripudin.docx

Download (86kB)

Abstract

ABTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 27 Kota Bandung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pegembagan ilmu manajemen khususnya manajemen sumber daya manusia. Bagi pihak sejenis maupun praktisi, diharapkan ini dapat memberika informasi yang berguna tentang pentingnya peran kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan kompetensi guru dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 27 Kota Bandung dengan menggunakan model penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan type penelitiannya berupa Descriptive Research dan Verificative Ekplanation Research dengan time horizon data cross sectional yang mencerminkan gambaran dari suatu keadaan pada suatu saat tertentu. Untuk menguji hipotesis digunakan metode statistika analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kepemimpinan sekolah (X1) berpengaruh langsung sebesar 28,74% terhadap kinerja guru dan pengaruh tidak langsung hubungannya melalui budaya sekolah (X2) sebesar 3,47% serta pengaruh tidak lansung hubungannya melalui kompetensi guru sebesar (X3) sebesar 4.41%. Sehingga total pengaruh kepemimpinan kepala sekolah (X1) adalah 36,34%. Pengaruh budaya sekolah mempunyai pengaruh langsung sebesar 7,31% pengaruh tidak langsung hubunganya dengan kepemimpinan kepala sekolah sebesar 3,47% dan pengaruh tidak langsung melalui kompetensi guru sebesar 3,26, sehingga total pengaruhnya sebesar 14,04%. Pengaruh kompetensi guru mempunyai pengaruh langsung sebesar 15,35%, sedangkan pengaruh tidak langsung melalui hubungannya dengan kepemimpinan sebesar 4,14% dan pengaruh tidak langsung melalui budaya sekolah sebesasr 3,26 sehingga total pengaruhnya sebesar 22,76%. Hasil perhitungan koefisien determinasi (r kuadrat) yang dinyatakan dalam persentase menggaambarkan besarnya kontribusi semua variabel bebas yaitu kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan kompetensi guru dalam menentukan variasi kinerja guru adalah sebesar 73,14%. Sedangkan faktor lain yang tidak diteliti da turut mempengaruhi kinerja guru pada SMA Negeri 27 Kota Bandung ditunjukkan nilai PyЄ = 0,269 atau sebesar 26,856% Kata Kunci : Kepemimpinan, Budaya Sekolah, Kompetensi dan Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 Jun 2016 02:24
Last Modified: 11 Jun 2016 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3960

Actions (login required)

View Item View Item