PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA SELF REGULATED LEARNING SISWA SMA DITINJAU BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (Penelitian Mixed Methodterhadap siswa kelas XIdi SMA Negeri 4 Garut)

Leni Maulani, NPM : 168060047 (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA SELF REGULATED LEARNING SISWA SMA DITINJAU BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (Penelitian Mixed Methodterhadap siswa kelas XIdi SMA Negeri 4 Garut). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
leni maulani.docx

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan PM, KM, dan SRL siswa kelas XI dengan menggunakan pembelajaran Learning Cycle 7E (LC 7E) ditinjauBerdasarkan Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Methods) tipe Embedded Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Pogram MIA diSMA Negeri 4 Garut tahun ajaran 2018/2019dengan teknik Random Sampling Group, diperoleh kelasXI MIA 5(eksperimen) dan kelas XI MIA 6 (kontrol). Data diperoleh melalui tes kemampuan PM, KM, angket SRL, angket AQ, lembar observasi, wawancara, dan dari nilai PAT kelas X semester dua (KAM). Berdasarkan hasil penelitin diperoleh kesimpulan bahwa: secara keseluruhan pencapaian dan peningkatan kemampuan PM, KM, dan SRL siswa yang mendapatkan pembelajaran LC 7E lebih baik dari konvensional. Namun jika dilihat berdasarkan KAM dan AQ pembelajaran LC 7E cocok diterapkan untuk meningkatkan kemampuan PM pada siswa KAM tinggi dan AQ Climber, meningkatkan kemampuan KM pada siswa KAM sedang dan AQ Climber. Dan diperoleh pula kesimpulan bahwa SRL yang mendapatkan pembelajaran LC 7E lebih baik dari konvensional dengan interpretasi keduanya berada pada kategori cukup, dimana SRL kelas LC 7E pada KAM sedang dan AQ Camper menuju Climber lebih baik dari konvensional. Diperoleh pula kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kemampuan KM terhadap PM, SRL terhadap PM, AQ terhadap PM, AQ terhadap KM, AQ terhadap SRL, namun tidak terdapat pengaruh SRL terhadap KM. Selain itu pembelajaran LC 7E efektiv meningkatkan kemampuan PM dan KM dengan persentase pencapaian sebesar 33% yaitu berinterpretasi sedang Kata kunci :Learning Cycle 7E, Kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi matematis, Self Regulated Learning, Adversity Quotient.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 22 Oct 2018 03:27
Last Modified: 22 Oct 2018 03:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39506

Actions (login required)

View Item View Item