PERAN UNHCR (UNITED NATIONS HIGH COMMISSIONER FOR REFUGEES) DALAM PENANGANAN PENGUNGSI ETNIS ROHINGYA DI BANGLADESH ( 2015 - 2017)

Citra Catur Purnamasari, 142030026 (2018) PERAN UNHCR (UNITED NATIONS HIGH COMMISSIONER FOR REFUGEES) DALAM PENANGANAN PENGUNGSI ETNIS ROHINGYA DI BANGLADESH ( 2015 - 2017). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
cover.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (31kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Etnis Rohingya merupakan etnis minoritas muslim yang menempati wilayah Utara Rakhine di Myanmar, yang juga ditempati oleh etnis mayoritas bergama Buddha. Meskipun etnis ini telah hidup berdampingan sejak lama, namun etnis Rohingya acapkali mendapatkan perlakuan diskriminasi yang disebabkan oleh stigma-stigma negatif yang diberikan kepada mereka. Banyak diantara mereka yang memilih untuk mengungsi ke negara lain, salah satunya ialah Bangladesh. Dengan datangnya ratusan ribu pengungsi etnis Rohingya ke Bangladesh membuat negara tersebut kewalahan dan menjadi beban tersendiri. Dalam hal ini peran dari organisasi internasional sangat diperlukan, salah satunya ialah melalui badan yang ditunjuk oleh Perserikatan Bangsa –Bangsa (PBB)/United Nations (UN) yaitu United Nations High Commission for Refugees (UNHCR). Hal yang menarik penulis untuk meneliti adalah: Bagaimana kondisi pengungsi Rohingya yang ada di Bangladesh? Bagaimana respon internasional dalam menangani pengungsi terutama program yang dimiliki UNHCR? Lalu bagaimana penerapan program UNHCR dalam penanganan pengungsi Rohinya di Bangladesh? Adapun tujuan penelitian ini adalaah untuk mengetahui kondisi pengungsi etnis Rohingya di Bangladesh, program yang dilakukan oleh UNCHR dalam menangani pengungsi juga penanganan yang dilakukan UNHCR pada pengungsi etnis Rohingya di Bangladesh. Sedangkan kegunan dari penelitian ini ialah diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang cukup kepada pembaca mengenai peran UNHCR dalam penanganan pengungsi etnis Rohingya di Bangladesh ( 2015–2017) juga dapat menjadi pemicu pemikiran serta pendorong bagi peneliti lainnya untuk meneliti lebih lanjut mengenai mengenai peran UNHCR dalam penanganan pengungsi etnis Rohingya di Bangladesh. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskriptif analisis yang bertujuan untuk mendefinisikan fenomena dan membahas realita yang ada. Dalam hal ini penerapan program UNHCR untuk mengatasi permasalahan pengungsi Rohingya di Bangladesh secara sistematis untuk diteliti keoptimalan perannya dalam mengatasi pengungsi. Hasil dari penelitian ini adalah : Penanganan yang diberikan UNHCR ialah penganan yang dilakukan melalui program-program bekerjasama dengan organisasi lain juga bantuan dari negara donatur. Seperti program perlindungan, kebutuhan dan layanan dasar, pengelolaan kamp dan infrastruktur, juga pemberdayaan dan kemandirian masyarakat. Melalui program-program ini, UNHCR menerapkan perannya sebagai inisiator,determinator,fasilitator,rekonsiliator dan juga mediator. Kata kunci :Rohingya, Program UNHCR, Pengungsi di Bangladesh.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 20 Oct 2018 01:28
Last Modified: 20 Oct 2018 01:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39455

Actions (login required)

View Item View Item