STRATEGI BERBAGI CATATAN KECIL DALAM IMPLEMENTASI PBL BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP VIRUS

SURYANI PUTRI AKHANI, 145040067 (2018) STRATEGI BERBAGI CATATAN KECIL DALAM IMPLEMENTASI PBL BERORIENTASI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. JUDUL.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDO.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi berbagi catatan kecil dalam implementasi PBL berorientasi web untuk meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep virus. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Ciampel Karawang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sehingga didapat kelas X MIA 1. Metode penelitian yang digunakan adalah Pra-Eksperimental Designs dengan desain One Group Pretest and Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep berupa 15 butir soal pilihan ganda, dan instrumen non-tes berupa penilaian sikap, penilaian psikomotor, dan angket literasi informasi siswa. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest 43,67 dan posttest 80,53, skor rata-rata penilaian sikap 79,86 atau mencapai kriteria baik, dan skor rata-rata penilaian psikomotor 83,80 atau mencapai kriteria sangat baik, serta skor rata-rata penilaian kemampuan literasi informasi sebesar 93,75 atau mencapai kriteria sangat baik. Analisis data menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai 0,67 atau mencapai kriteria sedang. Penelitian strategi berbagi catatan kecil dalam implementasi PBL berorientasi web menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan kemampuan literasi siswa pada konsep virus. Kata Kunci: Strategi Berbagi Catatan Kecil, PBL, Berorientasi Web, Literasi Informasi, Hasil Belajar, Virus.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Oct 2018 07:50
Last Modified: 19 Oct 2018 07:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39451

Actions (login required)

View Item View Item