RANCANGAN RELOKASI DAN PEMERATAAN DEMAND SPPBE GAS LPG 3 KG DENGAN PENDEKATAN K-MEANS CLUSTERING DI PT.PERTAMINA ( STUDI KASUS WILAYAH PEMASARAN KOTA BANDUNG )

Rosi Syana Fahila, NPM : 158030021 (2018) RANCANGAN RELOKASI DAN PEMERATAAN DEMAND SPPBE GAS LPG 3 KG DENGAN PENDEKATAN K-MEANS CLUSTERING DI PT.PERTAMINA ( STUDI KASUS WILAYAH PEMASARAN KOTA BANDUNG ). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Rosi.docx

Download (22kB)

Abstract

Dalam pendistribusian LPG dikota bandung yang mana di mulai dari SPPBE, Agen lalu ke konsumen. Terdapat beberapa hal yang patut diperhatikan dalam rangka pengoptimalan proses distribusi, diantara nya adalah tentang peletakan fasilitas SPPBE dan juga pengelompokan Agen yang ada di area SPPBE tersebut. Dengan kondisi eksisting yang ada di wilayah kota bandung saat ini terdapat alokasi yang kurang optimal dalam penempatan SPPBE, Penelitian kali ini berusaha untuk meramalkan kebutuhan permintaan LPG 3 Kg dikota Bandung hingga tahun 2020 dan juga memodelkan rantai distribusi LPG 3 Kg di Kota Bandung dengan melakukan rekayasa relokasi SPPBE dari SPPBE dan Agen dari pola distribusi eksisting menjadi model rantai distribusi yang lebih optimum dengan melakukan clusterisasi Agen LPG untuk mengelompokkan area distribusi, lalu lalu melakukan relokasi SPPBE dalam area cluster baru yang dibentuk, menggunakan metode K-Means clustering, dengan tujuan meminimumkan rantai distribusi. Sehingga alur distribusi dapat lebih efektif dan efisien. Keywords: K-Means clustering, distribusi, SPPBE

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknologi Pangan 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:17
Last Modified: 18 Oct 2018 03:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39361

Actions (login required)

View Item View Item