PENINGKATAN CRITICAL THINKING SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI WEB PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG

VOPPY SITI SOLIHAH HERNIAWATI, 145040069 (2018) PENINGKATAN CRITICAL THINKING SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI WEB PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI VOPPY 2.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indo.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI VOPPY.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI VOPPY.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI VOPPY.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SKRIPSI VOPPY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI VOPPY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA VOPPY.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan critical thinking melalui model problem based learning berorientasai web pada konsep klasfikasi makhluk hidup di kelas X MIPA SMA Pasundan 3 Bandung. Sample pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 yang berjumlah 39 orang siswa. Hipotesis yang diajukan penulis adalah “model problem based learning dapat meningkatkan critical thinking siswa berorientasi web pada konsep klasifikasi makhluk hidup di SMA Pasundan 3 Bandung”. Metode penelitian yang digunakan adalah Praeksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Normalitas Gain dan Uji Hipotesis dengan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penilaian critical thinking yaitu nilai N-Gain 0,51 atau termasuk dalam kriteria sedang, penilaian produk ratarata nilai 86,5 atau termasuk kategori baik, dan penilaian respon siswa dengan persentase rataratabsecara keseluruhan 68,78 terdiri dari rata-rata respon positif 60% dan negatif 40%. Hasil uji hipotesis yakini signifikan < sig acuan sebesar 0,00 < 0,05 maka dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan critical thinking setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning berorientasi web pada konsep klasifikasi makhluk hidup. Kata Kunci : Critical Thinking, Problem Based Leaning, Klasifikasi Makhluk Hidup

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:47
Last Modified: 17 Oct 2018 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39343

Actions (login required)

View Item View Item