MERLIANA TAMARA, 145040044 (2018) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (689kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran Multimedia berbasis animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi konsep virus. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas X MIA A sebagai kelas eksperimen dan X MIA B sebagai kelas kontrol di SMA Angkasa Bandung pada semester genap tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian aspek kognitif pada kelas eksperimen didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 32,50 dan skor rata-rata Posttest sebesar 80,17 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 26,68 dan skor rata-rata Posttest sebesar 71,61 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Kemudian, hasil penelitian aspek afektif pada kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata sebesar 77,8 dengan kategori baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 85 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, aspek afektif pada kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata sebesar 73 dengan kategori baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 78,8 dengan kategori baik. Sedangkan, hasil angket dari kelas eksperimen dari keseluruhan siswa didapatkan respon positif sebesar 80,17 % dan kelas kontrol didapatkan respon positif sebesar 73 %. Berdasarkan dari data hasil penelitian tersebut bahwa penggunaan media pembelajaran Multimedia berbasis animasi jauh lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional, dan dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran Multimedia berbasis animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada konsep virus. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Media Pembelajaran Multimedia Berbasis Animasi, Virus
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 03:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 03:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39268 |
Actions (login required)
View Item |