SITI ANISA, 145060085 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Siswa Kelas IV SDN Jati Mekar Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jati Mekar Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Jati Mekar. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Jati Mekar yang tidak kritis didalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya Disvovery Learning belum pernah dilaksnakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1. Merumuskan Masalah, 2. Merumuskan Jawaban sementara (hipotesis), 3. Menguji Jawaban tentative, 4. Menarik Kesimpulan, 5. Menerapkan Kesimpulan dan Generalisasi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas Discovery Learning siswa dan menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 44,73%, rata-rata nilai rasa ingin tahu siswa sebesar 64,1% serta pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 63,15%, rata-rata nilai rasa ingin tahu yang diperoleh siswa sebesar 70,7 dan pada siklus III nilai yang diperoleh siswa sebesar 89,47%, rata-rata nilai rasa ingin tahu yang diperoleh siswa sebesar 73,8% hal ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus III berdasarkan dari pengolahan data dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jati Mekar Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat. Kata Kunci : Discovery Learning, Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 04:40 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 04:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39225 |
Actions (login required)
View Item |