Tiara Amanda Van Gobel, 142030001 (2018) KERJASAMA INDONESIA-BELANDA DALAM BIDANG PENDIDIKAN MELALUI MEMORANDUM OF UNDERSTANDING ON HIGHER EDUCATION AND SCIENCE COOPERATION DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
BAB II.docx Download (55kB) |
||
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
||
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (253kB) | Preview |
|
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
||
Text
COVER.docx Download (30kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki perhatian besar terhadap dunia pendidikan bahkan seruan untuk menjunjung tinggi pendidikan terdapat dalam pembukaan Udang-Udang Dasar (UUD) 1945. Namun realisasinya pendidikan di Indonesia belum dapat mencapai kemajuan yang diinginkan. Hal ini dikarenakan beberapa masalah yang dihadapi Indonesia pada sektor pendidikan seperti korupsi yang masih marak terjadi, alokasi anggaran yang belum didistribusikan secara maksimal, dan rendahnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Rendahnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia berpengaruh terhadap upaya Indonesia untuk memajukan sektor pendidikannya. Oleh karena itu, maka di pandang perlu bagi Indonesia untuk Menjalin hubungan kerja sama dengan negara lain guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah yang pertama untuk mempelajari, menagamati, dan mengetahui dinamika hubungan yang terjain antara Indonesia dan Belanda. Yang kedua adalah untuk mengetahui Kerjasama antara Indonesia dan Belanda dalam bidang Pendidikan melalui Memorandum of Understanding On Higher Education and Science Cooperation. Dan yang terkahir adalah untuk mengetahui Pengaruh Kerjasama tersebut terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Sedangkan manfaat atau kegunaan dari penellitian ini adalah secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam khazanah keilmuan, khususnya dalam disiplin ilmu Hubungan Internasional khususnya dalam Kerjasama Internasional di Bidang Pendidikan. Selanjutnya secar praktik penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat secar luas mengenai pengaruh dari kerjasama yang dijalin oleh indonesia dengan negara lain terutama dalam bidang pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskriptif dan historis. Dimana deskriptif yang mengumpulkan,menyusun, dan menginterpretasikan data yang ada untuk menggbambarkan suatu fenomena yang ada dalam hal ini Kerjasama yang dijalin oleh Indonesia dan Belanda dalam bidang pendidikan. Sedangkan historis dimana penelitian menggunakan pengumpulan dan evaluasi data secara sistematik berkaitan dengan kejadian masa lalu. Hasil dari penelitian adalah: dengan adanya kerjasama antara Indonesia dan Belanda dalam bidang pendidikan melalui MoU on higher education and science cooperation, maka kualitas pendidikan di Indonesia khususnya pada bidang pendidikan tinggi meningkat akan tetapi tidak secara signifikan . Kata Kunci : Kerjasama Indonesia-Belanda, Bidang Pendidikan, Memorandum of Understanding
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 01:32 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 01:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39209 |
Actions (login required)
View Item |