PENERAPAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cikasungka 02 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Resti Fauziah, 145060126 (2018) PENERAPAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cikasungka 02 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di lapangan bahwa guru masih mengguanakan metode konvensional yaitu metode ceramah, kurangnya pengguanaan model pembelajaran yang digunakan, sehingga siswa kurang aktif pada proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) SDN Cikasungka 02 di kelas IV Desa Cikasungka Kec Cikancung Kab Bandung pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan mengunakan model Student Team Achievement Division. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan non tes untuk mengetahui aktivitas peserta didik terhadap sikap santun dan peduli. Adapun penilaian kognitif hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai 70 % pada siklus II memperoleh 70,9% dan yang terakhir pada siklus III memperoleh 90,2%. Penialaian sikap santun siklus I memperoleh nilai 69,80 % pada siklus II 79,20% dan siklus III 90,70%. Penilaian sikap peduli pada siklus I memperoleh nilai 60,36% pada siklus II 70.86% dan terahir siklus III 90.37%, Dengan demikian penggunaan model STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman, sehubungan dengan itu direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan model STAD sebagai salah satu untuk meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : STAD, penelitian tindakan kelas, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 08:44
Last Modified: 15 Oct 2018 08:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39203

Actions (login required)

View Item View Item