Resti Fauziah, 145060126 (2018) PENERAPAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cikasungka 02 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di lapangan bahwa guru masih mengguanakan metode konvensional yaitu metode ceramah, kurangnya pengguanaan model pembelajaran yang digunakan, sehingga siswa kurang aktif pada proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) SDN Cikasungka 02 di kelas IV Desa Cikasungka Kec Cikancung Kab Bandung pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan mengunakan model Student Team Achievement Division. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan non tes untuk mengetahui aktivitas peserta didik terhadap sikap santun dan peduli. Adapun penilaian kognitif hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai 70 % pada siklus II memperoleh 70,9% dan yang terakhir pada siklus III memperoleh 90,2%. Penialaian sikap santun siklus I memperoleh nilai 69,80 % pada siklus II 79,20% dan siklus III 90,70%. Penilaian sikap peduli pada siklus I memperoleh nilai 60,36% pada siklus II 70.86% dan terahir siklus III 90.37%, Dengan demikian penggunaan model STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman, sehubungan dengan itu direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan model STAD sebagai salah satu untuk meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : STAD, penelitian tindakan kelas, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 08:44 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 08:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39203 |
Actions (login required)
View Item |