PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA CARA TUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 054 Tikukur Kota Bandung )

Nadya Ulfa Margaretha, 145060038 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA CARA TUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 054 Tikukur Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SAMPUL.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 ACC Baru.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 ACC Baru.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 ACC Baru.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text
Revisi Baru bab 4 hal 119-149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB 5 ACC Baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Baru.pdf

Download (212kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pada Siswa Kelas V SDN 054 Tikukur Kota Bandung. Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya hasil belajar siswa pada subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Desain penelitian ini menggunakan model PTK, yang terdiri dari II siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memperoleh hasil pada siklus I sebesar 76% dan meningkat pada siklus II sebesar 93%. Pada perencanaan pembelajaran siklus I memperoleh hasil sebesar 79% dan meningkat pada siklus II sebesar 89%. Pada sikap percaya diri siklus I memperoleh hasil sebesar 68% dan meningkat pada siklus II sebesar 82%. Pada hasil belajar siswa yang di peroleh dari tiga aspek yaitu aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Menunjukan bahwa pada siklus I siswa berhasil meraih ketuntasan sikap (afektif) 75%, pengetahuan (kognitif) sebesar 64%, dan keterampilan (psikomotor) 68%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil post test pada siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap (afektif) sebesar 86%, pengetahuan (kognitif) sebesar 89%, dan keterampilan (psikomotor) sebesar 93%. Selanjutnya pada keterampilan menggali informasi pada siklus I memperoleh hasil sebesar 68% dan meningkat pada siklus II menjadi 93%. Hal itu di karenakan pada model discovery learning yang aktif selama pembelajaran adalah peserta didik sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V SDN 054 Tikukur Kota Bandung. Dengan demikian model discovery learning dapat di jadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dan diharapkan guru dapat mencoba menerapkan model pembelajaran pada materi lain dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran agar bisa lebih baik. Kata kunci: Discovery Learning, Rasa Percaya Diri, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 07:20
Last Modified: 15 Oct 2018 07:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39191

Actions (login required)

View Item View Item