PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PARTISIPASI SISWA PADA TEMA TUGASKU SEHARI-HARI SUB TEMA TUGASKU SEBAGAI UMAT BERAGAMA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SDN Melong Asih 7 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan Tahun Ajaran 2014/2015).

Catur Rinaldi, 095060240 (2018) PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PARTISIPASI SISWA PADA TEMA TUGASKU SEHARI-HARI SUB TEMA TUGASKU SEBAGAI UMAT BERAGAMA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SDN Melong Asih 7 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK12.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I TH.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II TH.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III TH.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
BAB IV TH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V TH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan pada SDN Melong Asih 7 bahwa minat dan partisipasi siswa pada tema Tugasku Sehari-hari subtema Tugasku Sebagai Beragama. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan minat dan partisipasi siswa pada tema Tugasku Sehari-hari sub tema Tugasku Sebagai Umat Beragama melalui penggunaan model Discovery Learning. Model penelitian ini yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Hopkins dengan menggunakan empat komponen penelitian yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observing), dan refleksi (reflecting) dalam suatu sistem spiral yang saling terkait. Refleksi dilakukan disetiap akhir siklus yang kemudian dijadikan acuan untuk memperbaiki dan menyusun rencana pembelajaran pada siklus-siklus berikutnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus pada siswa Kelas II SDN Melong Asih 7 Keluarahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan sebanyak 25 siswa Topik yang diajarkan adalah tema Tugasku Sehari-hari subtema Tugasku Sebagai Umat Beragama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan lembar kerja siswa. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan minat dan partisipasi siswa Kelas II SDN Melong Asih 7 Tugasku Sehari-hari subtema Tugasku Sebagai Umat Beragama tema setelah menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan partisipasi siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan skor gain pada siklus I adalah 2,77% dengan kategori penilaiannya baik (B), siklus II 3,36% dengan kategori penilaiannya baik (A). Hasil penilaian minat siklus I adalah 25,00%, siklus II adalah 30,42% . Serta hasil nilai partisipasi siklus I adalah 28,00%, siklus II 3,25%. Dari hasil wawancara, guru Kelas II SDN Melong Asih 7 memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model Discovery Learning dalam meningkatkan minat dan partisipasi siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, minat, dan partisipasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:55
Last Modified: 15 Oct 2018 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39182

Actions (login required)

View Item View Item