PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya kebersamaan dan Sub Tema Bersyukur Atas Keberagaman di Kelas IV SDN Rancakasumba 04 Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018-2019)

Iim Rohimah, 145060035 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya kebersamaan dan Sub Tema Bersyukur Atas Keberagaman di Kelas IV SDN Rancakasumba 04 Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI IIM.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI IIM.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I OKE.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II IIM.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III IIM.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
BAB IV IIM OKE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V IIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (270kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN Rancakasumba 04 Kabupaten Bandung pada tema Indahnya Kebersamaan Sub Tema Bersyukur Atas Keberagaman .Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) ini masih menggunakan metode Konvensional yang artinya guru berceramah dan siswa mendengarkan.Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang bersemangat ,jenuh ,monoton dan kurang memahami pembelajaran di kelas.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 3 siklus .Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan,pelaksanaan ,observasi dan refleksi.Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi ,tes angket,wawancara,dan dokumentasi.Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Adapun peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan sebagai berikut: pertama ,adanya peningkatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.Pembelajaran pada siklus I 73%, pada siklus II 79% dan pada siklus III 94%.Kedua adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 72%,siklus II 79% dan siklus III 91%. Ketiga adanya peningkatan sikap peduli pada siklus I 39%,siklus II 64% dan siklus III 89%.Keempat,adanya peningkatan sikap santun pada siklus I,33%,siklus II 53% dan siklus III 85%.Kelima adanya peningkatan peningkatan kognitif pada siklus I, 17%,siklus II,43% dan siklus III 89%.Keenam adanya peningkatan keterampilan psikomotor siklus I, 54%, siklus II 57% dan siklus III 85%.Ketujuh adanya peningkatan hasil belajar siswa .Berdasarkan analisis tersebut ,dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rancakasumba 04 Kabupaten Bandung. Kata Kunci: Discovery Learning ,Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:31
Last Modified: 15 Oct 2018 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39174

Actions (login required)

View Item View Item