PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Pada Kelas IV di SDN Balonggede 1 Kota Bandung Tahun Ajaran 2018 / 2019)

Siti Utami Yulianti, 145060198 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Pada Kelas IV di SDN Balonggede 1 Kota Bandung Tahun Ajaran 2018 / 2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melelui model pembelajaran discovery learning pada tema indahnya kebersamaan subtema bersyukur atas keberagaman di kelas IV SDN Balonggede 1 Kota Bandung. Penelitian dilatar belakangi dengan kurangnya sikap peduli, sikap santun,dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap peduli, sikap santun, dan hasil belajar siswa. Pada siklus I sikap peduli siswa sebesar 83% dengan kategori baik. Pada siklus II sebesar 92% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I presentase sikap santun siswa sebesar 78% dengan kategori baik. Pada siklus II sebesar 92% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I presentase Pada siklus II sebesar 81% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 98% dengan kategori sangat baik.Pada siklus I rata-rata penilaian hasil belajar siswa pree test post test sebesar 75 dengan presentase 78%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar pree test dan post test siswa sebesar 79 dengan presentase 87% dan pada siklus III sebesar 85 dengan presentase 95%. Dengan demikian analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV pada tema indahnya kebersamaan subtema bersyukur atas keberagaman. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:26
Last Modified: 15 Oct 2018 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39172

Actions (login required)

View Item View Item