PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA (Penelitian Kuantitaif Deskriptif di kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat)

KARINA KHAIRUNNISA, 145060071 (2018) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA (Penelitian Kuantitaif Deskriptif di kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat tahun ajaran 2018/2019. Kajian dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami dan mencari solusi dalam memecahkan soal cerita matematika. Hal tersebut berarti bahwa ada beberapa langkah yang tidak dilakukan oleh siswa dalam memecahkan masalah soal cerita matematika. Keadaan tersebut disebabkan karena beberapa penyebab yaitu kurangnya kemampuan membaca siswa dan kurangnya motivasi siswa dalam memecahkan masalah soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitaf Deskriptif dengan populasi 190 siswa dan sampel penelitian sebanyak 128 siswa yang ditentukan dengan menggunakan metode Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen angket berbentuk pernyataan yang telah di uji validitas dan reliabilitas dan diperoleh 30 butir valid pada ketiga variabel yaitu kemampuan membaca, motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah dengan reliabilitas 0,928. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas dan pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, analisis regresi ganda (Uji t parsial dan Uji F Simultan) serta uji SE (Sumbangan Efektif) dan SR (Sumbangan Relatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kemampuan siswa dalam membaca soal cerita matematika sebesar 73% termasuk kategori baik; 2) keadaan motivasi belajar siswa saat ini sebesar 72% termasuk kategori baik; 3) kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita matematika sebesar 64% termasuk kategori baik; 4) Ada pengaruh yang signifikan kemampuan membaca terhadap pemecahan masalah soal cerita matematika sebesar 21,9%; 5) Ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap pemecahan masalah soal cerita matematika sebesar 26,7%; 6) Besar pengaruh kemampuan membaca dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika sebesar 48,6%. Sedangkan 51,4% kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci : Kemampuan membaca, motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:23
Last Modified: 15 Oct 2018 06:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39170

Actions (login required)

View Item View Item