PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif Deskriptif Kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat)

ASRI RAKHMANIA, 145060077 (2018) PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif Deskriptif Kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.indo.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.inggris.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.sunda.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (110kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika sejalan menurut NCTM dalam Uswatun Nestiyani (2016) yang menyatakan bahwa pemecahan masalah merupakan bagian integral dalam pembelajaran matematika, sehingga hal tersebut tidak boleh dilepaskan dari pembelajaran matematika. Kualitas hasil belajar siswa dapat memenuhi tuntutan masyarakat jika kemampuan pemecahan masalah diterapkan dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika; dan (2) seberapa besar pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD di Kecamatan Sindangkerta yang berjumlah 183 siswa. Sampel penelitian sebanyak 119 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Variabel penelitian meliputi kemampuan pemecahan masalah sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan kuisioner kemampuan pemecahan masalah. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, regresi linear sederhana, dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai rata-rata ulangan harian matematika sebesar 79 dengan kategori sangat baik; (2) Siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan persentase sebesar 71,3%, dimana jika nilai tersebut termasuk ke dalam kategori Baik. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa dengan kategori sangat kuat yang ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,818; (4) Ada pengaruh yang signifikan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika dengan persamaan regresi Y = 21,789 + 0,760X yang ditunjukkan dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05; (5) Besar pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 66,9% sedangkan 33,1% Hasil Belajar Matematika dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah , hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:20
Last Modified: 15 Oct 2018 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39169

Actions (login required)

View Item View Item