ASRI RAKHMANIA, 145060077 (2018) PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kuantitatif Deskriptif Kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.indo.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.inggris.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.sunda.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika sejalan menurut NCTM dalam Uswatun Nestiyani (2016) yang menyatakan bahwa pemecahan masalah merupakan bagian integral dalam pembelajaran matematika, sehingga hal tersebut tidak boleh dilepaskan dari pembelajaran matematika. Kualitas hasil belajar siswa dapat memenuhi tuntutan masyarakat jika kemampuan pemecahan masalah diterapkan dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika; dan (2) seberapa besar pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD di Kecamatan Sindangkerta yang berjumlah 183 siswa. Sampel penelitian sebanyak 119 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Variabel penelitian meliputi kemampuan pemecahan masalah sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan kuisioner kemampuan pemecahan masalah. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, regresi linear sederhana, dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai rata-rata ulangan harian matematika sebesar 79 dengan kategori sangat baik; (2) Siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan persentase sebesar 71,3%, dimana jika nilai tersebut termasuk ke dalam kategori Baik. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa dengan kategori sangat kuat yang ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,818; (4) Ada pengaruh yang signifikan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika dengan persamaan regresi Y = 21,789 + 0,760X yang ditunjukkan dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05; (5) Besar pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 66,9% sedangkan 33,1% Hasil Belajar Matematika dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah , hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 06:20 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 06:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39169 |
Actions (login required)
View Item |