PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di SD Negeri Mayak 1 Kecamatan Cibeber)

Windy Reva Junaida Lestari, 145060134 (2018) PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di SD Negeri Mayak 1 Kecamatan Cibeber). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendampingan orang tua merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam membimbing anaknya belajar. Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Mayak 1 diidentifikasikan sebagian besar hasil belajar siswa tidak mencapai KKM dan kurangnya peranan orang tua terhadap pendidikan anak bagi beberapa siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan nilai rata-rata hasil Ulangan Harian yang diperoleh siswa, 2) mendeskripsikan rata-rata jenjang pendidikan orang tua di SD Negeri Mayak 1, 3) mendeskripsikan pengaruh pendapingan orang tua terhadap hasil belajar siswa, 4) mendeskripsikan besarnya pengaruh pendampingan orang tua terhadap hasil belajar siswa. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Mayak 1 Kecamatan Cibeber dengan populasi sebanyak 272 siswa. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Probablity Sampling dengan jenis Simple Random Sampling dengan berlandaskan pada tabel Sugiyono dengan signifikansi 5% sehingga diambil sampel sebanyak 152 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket, dokumentasi dan wawancara. Uji coba instrumen angket menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas pada 40 butir item dan diperoleh titik kritis reliabel sebesar 0,971. Analisis data yang dilakukan dengan uji hipotesis klasik dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai ulangan harian siswa sebesar 76,72 dengan kategori baik, rata-rata pendidika ayah berada pada tingkat SMA/sederajat dengan jumlah 62 orang, dan pendidikan ibu pada tingkat SD/sederajat dengan jumlah 63 orang, dan adanya pengaruh pada pendampingan orang tua terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai uji F > atau 151,311>0,002945 dan nilai uji t > atau 12,301>1,975799. Besaran pengaruh pendampingan orang tua terhadap hasil belajar dapat dilihat dari nilai yaitu sebesar 0,502, maka 0,502 x 100% = 50,2%. Artinya pendampingan orang tua berpengaruh terhadap nilai siswa sebesar 50,2%, dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti. Kata kunci: Pendampingan Orang Tua, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:06
Last Modified: 15 Oct 2018 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39145

Actions (login required)

View Item View Item