PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Dilakukan Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi)

Regita Nurul Fitri, 145060143 (2018) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Dilakukan Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDO.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB 1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB 2.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB 3.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
18. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
19. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kompetensi guru adalah keahlian yang harus dimiliki oleh guru dalam segala bidang pendidikan dan administrasi di sekolah. Ada 4 kompetensi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. Akt ivitas siswa di SDN kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi masih tergolong pasif dan hasil rata-rata ulangan harianpun masih tergolong cukup. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui rata-rata ulangan harian yang diperoleh siswa di SDN se-Kecamatan Cikarang Barat 2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap aktivitas siswa 3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa 4) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh kompetensi guru terhadap aktivitas siswa 5) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Penelitian ini memiliki populasi berjumlah 45 Sekolah Dasar. Sampel yang diteliti sebanyak 5 sekolah dasar dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, pengamatan (observasi), dan dokumentasi, berupa nilai harian siswa semester gasal 2018/2019. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sehingga diperoleh semua butir item valid dan reliable yaitu berjumlah 66 butir item dengan titik kritis reliable sebesar 0,983. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa dilihat dari uji F nilai F hitung > F Tabel atau 50,285>4,038393 dan uji t t hitung > t tabel atau 7,091>2,009575. Terdapat pengaruh antara kompetensi guru terhadap aktivitas siswa dilihat dari uji F nilai F hitung > F Tabel atau 127,760>4,038393 dan uji t nilai t hitung > t tabel atau 11,303>2,009575. Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi guru dan hasil belajar siswa sebesar 51,2% dan aktivitas siswa sebesar 72,7%. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Aktivitas siswa, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:46
Last Modified: 15 Oct 2018 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39140

Actions (login required)

View Item View Item