PERANCANGAN PRODUK TAS KHUSUS TRAVELLING DENGAN MENGGUNAKAN METODA HOUSE OF QUALITY ( HOQ ) DAN PETA MORFOLOGI DI BRAND NBDN ( NOBRANDEDON )

Gellis Berlian Anjara, 133010200 (2018) PERANCANGAN PRODUK TAS KHUSUS TRAVELLING DENGAN MENGGUNAKAN METODA HOUSE OF QUALITY ( HOQ ) DAN PETA MORFOLOGI DI BRAND NBDN ( NOBRANDEDON ). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
GELLIS B.A (133010200) TI 2013.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sejak jaman dahulu manusia sudah menciptakan tas untuk alat bantu membawa dan menyimpan perlengkapan kebutuhan mereka, oleh karna itu tas adalah salah satu benda yang cukup penting karna setiap orang pasti memiliki tas. Saat ini produk tas yang diperuntukan untuk mereka yang memiliki hobi berpergian masih banyak yang yang belum puas hal ini dapat dilihat pada tabel I.1. Oleh karna itu pada studi kasus kali ini di brand NBDN asal Kota Bandung peneliti akan merancang produk tas khusus travelling dengan desain bergaya vintage sesuai style fashion perusahaan. Tujuannya agar dapat menciptakan produk tas travelling berkualitas dengan rancangan yang dapat memenuhi kebutuhan para traveller. Metode yang digunakan dalam merancang tas travelling adalah House Of Quality (HOQ) atau yang biasa disebut rumah kualitas, secara garis besar matriks ini adalah upaya untuk mengkonversikan voice of costumer secara spesifik kepada produk yang dihasilkan. Dengan demikian perusahaan akan mencapai persyaratan teknis yang sesuai dengan target yang telah ditetapkan, dengan sebelumnya melakukan benchmarking terhadap produk pesaing untuk mengetahui posisi relatif produk yang ada dipasaran yang merupakan kompetitor. Peta Morfologi adalah metode yang digunakan desainer untuk mengidentifikasi kombinasi-kombinasi dari komponen-komponen, dengan tujuan memperluas pencarian solusi baru. Dengan cara membandingkan nilai dari alternatif alternatif lalu mengurutkannya sesuai rangking (pair-wire comparison) dan bobot relative (estimasi nilai keunggulan) untuk mendapatkan kriteria yang terbaik. Pengolahan data didapatkan dari hasil kuisioner yang dibagikan kepada 30 orang responden, hasil dari pengolahan data didapatkan hasil rancangan produk tas travelling dengan technical target yaitu : 1. Penyimpanan kamera dapat dilepas pasang sesuai kebutuhan 2. Posisi penyimpanan laptop berada didalam bagian tas 3. Penyimpanan handphone berada pada part shoulder strap 4. Terdapat rain cover 5. Terdapat tempat menyimpan dompet,cincin dan barang berharga lainnya 6. Bahan luar tas terbuat dari kulit sapi jenis crazy horse 7. Bahan tali tripod terbuat dari bahan strap 8. Ukuran tas (panjang: 31 cm x lebar: 18 cm x tinggi: 45 cm) 9. Tas terbuat dari bahan kulit sapi dipadukan dengan polyester 10. Model depan tas tidak terdapat kantong pada bagian depan 11.Part shoulder strap dan back of backpack menggunakan busa dengan ketebalan 1.5 cm 12. Pelindung kamera menggunakan busa dengan ketebalan 2 cm.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Oct 2018 01:51
Last Modified: 15 Oct 2018 01:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39098

Actions (login required)

View Item View Item