PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN VERBAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung)

Sri Ajeng Sundawi, 145060227 (2018) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN VERBAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa agar mencapai keberhasilan dalam belajarnya. Motivasi Belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu penguatan verbal yang diberikan guru pada saaat pembelajaran. Perbedaan penguatan verbal yang diberikan oleh guru kemudian memunculkan motivasi belajar siswa yang berbeda-beda pula, seperti halnya motivasi belajar siswa di SD Negeri di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung yang berjumlah 194 siswa, tetapi karena keterbatasan waktu maka dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 124 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk pemberian penguatan verbal dan motivasi belajar siswa. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan verbal terhadap hasil regesi linier sederhana didapatkan motivasi belajar siswa dimana X merupakan pengaruh verbal, maka dapat di simpulkan jika motivasi belajar naik sebesar satu satuan maka pengaruh penguatan verbal naik sebesar 1,136. Peranan pengaruh verbal berpengaruh sebesar 62,2% terhadap motivasi belajar, dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung. Kata Kunci: Pemberian Penguatan Verbal, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 01:53
Last Modified: 15 Oct 2018 01:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39097

Actions (login required)

View Item View Item