PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM BELAJAR TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA ( Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat )

Nurwulandari Purnamasari, 145060110 (2018) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM BELAJAR TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA ( Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDO.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Keterlibatan orangtua terhadap belajar anaknya merupakan hal penting yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua demi keberhasilan belajar anaknya. Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain oleh keterlibatan orangtua terhadap belajar anaknya. Perbedaan keterlibatan orangtua dalam belajar anaknya dapat mengakibatkan prestasi belajar yang berbeda pada diri anaknya, seperti halnya keterlibatan orangtua dalam belajar siswa kelas IV SD Negeri I,II,III,IV Rajamandala Kulon Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1.untuk mengetahui bagaimana peran orang tua siswa didalam memotivasi siswa, 2. untuk mengetahui tingkat kemajuan prestasi hasil belajar siswa selama termotivasi orang tuanya, 3.untuk megetahui adakah pengaruh keterlibatan orang tua terhadap hasil prestasi hasil belajar siswa, 4.untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara keterlibatan orang tua dalam hasil prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Survey dan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD di kecamatan cipatat. Penelitian ini mempunyai populasi sejumlah 238, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan berlandaskan pada tabel Isaac dan Michael dengan signifikansi atau taraf kesalahannya 5% yaitu berjumlah 139 orang tua. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket dan dokumentasi berupa nilai harian siswa semester gasal 2018/2019. Uji coba instrument menggunakan uji validitas dan uji realibilitas sehingga diperoleh semua butir aitem valid dan reliable yaitu berjumlah 30 butir item dengan titik kritis reliable sebesar 0,390 Analisis data yang dilakukan dengan uji hipotesis klasik dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai ulangan harian siswa sebesar 80 dengan kategori baik dan adanya pengaruh orang tua terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai uji F 327,682 dan nilai uji t 18,107. Besaran pengaruh keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar dapat dilihat dari nilai 2 yaitu sebesar 0,705, maka 0,705 x 100% = 70,5%. Artinya pengaruh keterlibatan orang tua berpengaruh terhadap nilai siswa sebesar 70,5%, dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti. Kata Kunci : Keterlibatan Orang Tua, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 01:44
Last Modified: 15 Oct 2018 01:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39090

Actions (login required)

View Item View Item