PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 043 Cimuncang)

M. Sonny Prasjentianto, 145060254 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 043 Cimuncang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER Skripsi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (806kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan di kelas V SD Negeri 043 Cimuncang Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Project Based Learning pada pembelajaran Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan dengan menggunakan model Project Based Learning. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat siswa sebesar 66,7 yang termasuk ke dalam kategori cukup dengan persentase ketuntasan mencapai 37,9% atau berjumlah 11 orang dari 29 siswa. Pada siklus II jumlah nilai rata -rata hasil belajar yang didapat siswa sebesar 73,1 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan mencapai 65,5% atau berjumlah 19 orang dari 29 siswa. Pada siklus III jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat siswa sebesar 80,5 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan mencapai 87,25% atau berjumlah 24 orang dari 29 siswa. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan di kelas V SD Negeri 043 Cimuncang Kota Bandung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Sikap Percaya Diri Siswa, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:36
Last Modified: 11 Oct 2018 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38612

Actions (login required)

View Item View Item