M. Sonny Prasjentianto, 145060254 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 043 Cimuncang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
| 
 | Text COVER Skripsi.pdf Download (50kB) | Preview | |
| 
 | Text Abstrak Indonesia.pdf Download (89kB) | Preview | |
| 
 | Text Abstrak Inggris.pdf Download (88kB) | Preview | |
| 
 | Text Abstrak Sunda.pdf Download (91kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB I.pdf Download (310kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB II.pdf Download (712kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB III.pdf Download (806kB) | Preview | |
| ![[img]](http://repository.unpas.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | |
| ![[img]](http://repository.unpas.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) | |
| 
 | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview | 
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan di kelas V SD Negeri 043 Cimuncang Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Project Based Learning pada pembelajaran Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan dengan menggunakan model Project Based Learning. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat siswa sebesar 66,7 yang termasuk ke dalam kategori cukup dengan persentase ketuntasan mencapai 37,9% atau berjumlah 11 orang dari 29 siswa. Pada siklus II jumlah nilai rata -rata hasil belajar yang didapat siswa sebesar 73,1 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan mencapai 65,5% atau berjumlah 19 orang dari 29 siswa. Pada siklus III jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat siswa sebesar 80,5 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan mencapai 87,25% atau berjumlah 24 orang dari 29 siswa. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan di kelas V SD Negeri 043 Cimuncang Kota Bandung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Sikap Percaya Diri Siswa, Hasil Belajar Siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 | 
| Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata | 
| Date Deposited: | 11 Oct 2018 07:36 | 
| Last Modified: | 11 Oct 2018 07:36 | 
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38612 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        