PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Sawah Lega 1 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019

SALSABILLA NURHASANAH, 145060061 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Sawah Lega 1 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB II.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB III.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text
8 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas IV SDN Sawah Lega 1 Kabupaten Bandung yang berjumlah 36 peserta didik. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran yaitu kurangnya keaktifan peserta didik dan hasil belajar masih banyak yang di bawah KKM disebabkan karena pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, penggunaan metode ceramah serta penugasan, dan kurang variatif dalam menentukan model pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar observasi bagi guru kelas, soal evaluasi hasil belajar, serta angket keaktifan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Hasil perencanaan pelaksanaan pembelajaran siklus I 2,79 dengan kategori B. Siklus II 3,395 dengan kategori B. Siklus III 3,795 dengan kategori A. Hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 3,02 dengan kategori B. Siklus II 3,46 dengan kategori B. Siklus III 3,80 dengan kategori A. Nilai keaktifan peserta didik siklus I memperoleh persentase 56%, siklus II memperoleh persentase 72%, siklus III memperoleh persentase 86%. Hasil belajar siklus I memperoleh persentase 56%, siklus II memperoleh persentase sebesar 75%, siklus III memperoleh persentase sebesar 89%. Berdasarkan data yang diperoleh dengan cara observasi, soal evaluasi, angket dan dokumentasi yang telah dianalisis menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sawah Lega 1 pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2018 06:50
Last Modified: 11 Oct 2018 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38600

Actions (login required)

View Item View Item