SALSABILLA NURHASANAH, 145060061 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas IV SDN Sawah Lega 1 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
2 ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
3 ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
4 ABSTRAK SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
5 BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB II.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
7 BAB III.pdf Download (715kB) | Preview |
|
Text
8 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
9 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas IV SDN Sawah Lega 1 Kabupaten Bandung yang berjumlah 36 peserta didik. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran yaitu kurangnya keaktifan peserta didik dan hasil belajar masih banyak yang di bawah KKM disebabkan karena pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, penggunaan metode ceramah serta penugasan, dan kurang variatif dalam menentukan model pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar observasi bagi guru kelas, soal evaluasi hasil belajar, serta angket keaktifan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Hasil perencanaan pelaksanaan pembelajaran siklus I 2,79 dengan kategori B. Siklus II 3,395 dengan kategori B. Siklus III 3,795 dengan kategori A. Hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 3,02 dengan kategori B. Siklus II 3,46 dengan kategori B. Siklus III 3,80 dengan kategori A. Nilai keaktifan peserta didik siklus I memperoleh persentase 56%, siklus II memperoleh persentase 72%, siklus III memperoleh persentase 86%. Hasil belajar siklus I memperoleh persentase 56%, siklus II memperoleh persentase sebesar 75%, siklus III memperoleh persentase sebesar 89%. Berdasarkan data yang diperoleh dengan cara observasi, soal evaluasi, angket dan dokumentasi yang telah dianalisis menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sawah Lega 1 pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 06:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 06:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38600 |
Actions (login required)
View Item |