Metta Desiana Azhari, 142050297 (2018) KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL PADA ANAK DISABILITAS SENSORIK DI SLB CICENDO BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
abstrak 3 bahasa.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
lembar persetujuan.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Pada Anak Disabilitas Sensorik Di SLBN Cicendo Bandung”. Kegiatan berkomunikasi dapat terjadi dan juga berlangsung dimanapun individu / manusia berada, dan tidak terkecuali komunikasi pada anak berkebutuhan khusus, khususnya pada anak tunarungu. Mereka melakukan komunikasi didalam kehidupannya dengan cara yang telah mereka miliki dan mereka terapkan didalam kehidupan mereka sehari – sehari. Tujuan dari Komunikasi verbal dan nonverbal ini adalah untuk melihat bagaimana cara berkomunikasi yang dilakukan oleh anak tunarungu, bagaimana mereka berkomunikasi, berinteraksi dengan sesamanya dan juga dengan manusia normal, serta mengetahui bagaimana anak tunarungu memaknai orang – orang dan lingkungan disekitarnya. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mempelajari, menerangkan dan menginterpretasikan data secara natural tanpa adanya intervensi dari pihak luar mengenai komunikasi yang digunakan oleh anak tunarungu terhadap orang – orang dan lingkungan disekitarnya. Metode Penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan analisis studi deskriptif. Kualitatif bertujuan untuk membuat deskriptif secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta – fakta dan sifat – sifat objek tertentu. Peneliti sudah mempunyai konsep dan kerangka pemikiran. Jenis penelitian ini untuk menggambarkan realitas yang sedang terjadi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, lalu untuk menambah kelengkapan data peneliti juga menggunakan literatur dan internet searching. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan, maka diperoleh data bahwa komunikasi yang digunakan oleh anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Cicendo Bandung yaitu dengan menggunakan komunikasi verbal yang dan komunikasi nonverbal yang terdiri dari bahasa ekspresif dan reseftif. Rekomendasi, hal – hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai cara untuk menunjang tercapainya pemahaman didalam melakukan proses komunikasi dengan anak tunarungu adalah dengan bagaimana orang normal dapat lebih memahami bagaimana komunikasi yang dapat dilakukan oleh anak tunarungu ketika mereka berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 06:32 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 06:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38595 |
Actions (login required)
View Item |