Azid Aprianto, 143040042 and Sali Alas Majapahit, DS (2018) PENGUKURAN PENERIMAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN PASIEN BPJS KESEHATAN (PRIMARY CARE) MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi Kasus : UPTD Puskesmas Cisalak). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
143040042_Azid Aprianto.pdf Download (451kB) | Preview |
Abstract
Puskesmas adalah Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembantu kesehatan disuatu wilayah kerja. Primary Care merupakan sistem informasi pelayanan pasien yang ditunjukan untuk pasien BPJS Kesahatan berbasis internet. UPTD Puskesmas Cisalak merupakan salah satunya yang sudah menggunakan teknologi informasi dalam pelayanan pasien BPJS Kesehatan yaitu untuk mempermudah petugas dalam pelayanan primer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat penerimaan Primary Care terhadap petugas di UPTD Puskesmas Cisalak. Penelitian tugas akhir ini menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) dengan variabel-variabel yaitu persepsi kegunaan (Perceived Usefulness), persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use), sikap (Attitude), dan penerimaan IT (IT Acceptance). Penelitian ini juga menggunakan kuesioner dengan uji validitas dan reabilitas instrumen. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat penerimaan teknologi Primary Care terhadap petugas di UPTD Puskesmas Cisalak melalui model. Hal tersebut bisa dijadikan evaluasi bagi pengguna Primary Care di UPTD Puskesmas Cisalak. Kata Kunci : Primary care, Technology Acceptance Model (TAM), puskesmas, persepsi kegunaan (perceived usefulness), persepsi kemudahan (perceived ease of use), sikap (attitude), penerimaan IT (IT acceptance), path analysis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018 |
Depositing User: | Ms sri - |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 03:07 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 03:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38546 |
Actions (login required)
View Item |