PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFFERING (REACT)

ILMAN NUGRAHA, 135050013 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFFERING (REACT). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif dan Self-Efficacy siswa SMA relatif rendah. Salah satu model pembelajaran yang berpotensi memenuhi Standar Proses dan diduga dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif dan Self-Efficacy siswa salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran REACT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan Self-Efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui jumlah peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang menggunakan model REACT lebih baik daripada siswa yang menggunakan model Discovery Learning: 2) Untuk mengetahui peningkatan sikap Self Efficacy yang menggunakan model REACT lebih baik daripada siswa yang menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siwa kelas X SMK 2 Pasundan Cimahi. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X-AP sebagai kelas eskperimen dan siswa kelas X-RPL sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan angket Self-Efficacy siswa. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dengan bantuan software SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih baik dari pada siswa yang memperoleh mode l pembelajaran Discovery Learning 2) Peningkatan Self-Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning. Dengan demikian model pembelajaran REACT dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Self-Efficacy, Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transffering (REACT)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Oct 2018 07:35
Last Modified: 09 Oct 2018 07:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38293

Actions (login required)

View Item View Item