PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TEKNIK PETA PIKIRAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA

DINAR KAMALUDIN NIM, 145050082 (2018) PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TEKNIK PETA PIKIRAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
(1) Cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Teori.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (812kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan berpikir kritis matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis adalah metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) mengetahui Self-confidence siswa memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan 3) untuk mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Nasional tahun ajaran 2018-2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS 1 menjadi kelas eksperimen dan X-IPS 2 menjadi kelas kontrol yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket Self-confidence yang menggunakan skala Likert. Instrumen tes diujicobakan terlebih dahulu di kelas XI-MIPA. Analisis data menggunakan software SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan 1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) Self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran. Oleh karena itu metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci : Berpikir Kritis Matematis, Metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran, Self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:29
Last Modified: 08 Oct 2018 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37912

Actions (login required)

View Item View Item