PENGARUH FAMILY OWNERSHIP, AGENCY COST DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2010-2017)

Dita Ayu Sari Agustiani, 144020260 and Pembimbing 1, Ruslina Lisda, SE.,M.Si.,Ak.,C.A. (2018) PENGARUH FAMILY OWNERSHIP, AGENCY COST DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2010-2017). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN (PRINT 3 LEMBAR).pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL DAN GAMBAR.pdf

Download (243kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Family Ownership, Agency Cost dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2017. Metode yang digunakan adalah studi empiris dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2010-2017, alasan digunakannya populasi tersebut adalah berdasarkan fenomena yang telah ditemukan dan karena sebagian besar peneliti terdahulu menggunakan studi kasus pada perusahaan manufaktur. Teknik sampling yang digunakan dalam memilih sampel penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahu 2010-2017 secara berturut-turut, termasuk dalam perusahaan keluarga, dan membagikan dividen secara berturut-turut selama tahun penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, cara yang digunakan adalah dengan mengumpulkandata laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang menjadi sampel penelitian kemudian dipelajari, diolah dan dianalisis. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Family Ownership dan Investment Opportunity Set berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Sedangkan Agency Cost secara parsial tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen. Family Ownership, Agency Cost dan Investment Opportunity Set secara bersama-sama mempengaruhi Kebijakan Dividen. Kebijakan dividen mempengaruhi Nilai Perusahaan. Family Ownership dan Agency Cost tidak berpengaruh terhadap Nilai perusahaan melalui Kebijakan Dividen. Investment Opportunity Set mempengaruhi Nilai Perusahaan melalui Kebijakan Dividen. Kata kunci: Family Ownership, Agency Cost, Investment Opportunity Set, Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 06 Oct 2018 10:58
Last Modified: 06 Oct 2018 10:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37808

Actions (login required)

View Item View Item