PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Suatu Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

Indra Kusumah, 144020178 and Pembimbing I, Dr. Atang Hermawan., SE., MSIE., AK and Pembimbing 2, Budi Septiawan., SE., M.AK., MBA (2018) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Suatu Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER SA.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Nilai Perusahaan Pertambangan.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Nilai Perusahaan Pertambangan.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Nilai Perusahaan Pertambangan.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nilai perusahaan merupakan rasio nilai pasar yang menggambarkan kondisi yang terjadi dipasar, pasar ini mampu memberikan pemahaman bagi pihak manajemen perusahaan terhadap kondisi penerapan yang akan dilaksanakan dan dampaknya pada masa yang akan datang. Nilai perusahaan diukur dengan PBV. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan pertambangan subsektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Diperoleh sampel sebanyak 15 perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan jangka waktu 5 tahun, sehingga total seluruh sampel penelitian ini sebanyak 75 sampel perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi dan uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Proses analisis statistik menggunakan IBM SPSS Statistik Versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Besarnya pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan yaitu 27,1%, pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan yaitu 24,3%, sedangkan pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan yaitu 27%. Secara simultan profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 78,4%, sedangkan sisanya 21,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor lain tersebut diantaranya CSR, GCG, Komite audit, kepemilikan manajerial, manajemen laba, Kepemilikan Institusional, dan Investment Opportunity Set. Kata Kunci : Profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage dan Nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 06 Oct 2018 08:09
Last Modified: 06 Oct 2018 08:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37794

Actions (login required)

View Item View Item