ANALISIS PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS PERUMAHAN PENATAAN RUANG DAN KEBERSIHAN UPTD WILAYAH SOREANG KABUPATEN BANDUNG

IWA SURYATNA, NPM : 138 010 030 (2015) ANALISIS PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS PERUMAHAN PENATAAN RUANG DAN KEBERSIHAN UPTD WILAYAH SOREANG KABUPATEN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK TESIS IWA.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Pak Iwa, 2015.doc

Download (56kB)
[img] Text
BAB I Pak Iwa, Mei 2015.doc

Download (61kB)
[img] Text
Bab II Pak Iwa Mei 2015.doc

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok, yaitu kualitas pelayanan yang rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh belum dijalankannya aspek-aspek disiplin kerja secara menyeluruh pada Dinas Perumahan Penataan Ruang dan Kebersihan UPTD Wilayah Soreang Kabupaten Bandung. Pedekatan dalam penelitian ini tentang disiplin kerja dan kualitas pelayanan dilihat dari konteks kebijakan publik dan administrasi publik sebagai teori induknya untuk mengembangkan khasanah ilmu administrasi publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatory survey. Metode ini digunakan untuk menjelaskan fenomena sosial, yang dalam hal ini digunakan untuk meneliti pengaruh Disiplin Kerja (X) sebagai variabel bebas terhadap Kualitas Pelayanan (Y) sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui penggunaan metode analisis jalur (Path Analysis) yang dimaksud untuk mengetahui besaran pengaruh variabel disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Perumahan Penataan Ruang dan Kebersihan UPTD Wilayah Soreang Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, disiplin kerja (X) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 73,98 %. Adapun pengaruh variabel lain (ε) terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 26,02%. Sedangkan secara parsial, pengaruh disiplin kerja (X) yang terdiri dari 3 (tiga) aspek disiplin kerja yang meliputi: Aspek faktor disiplin terhadap waktu (X1) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 29,61%. Aspek faktor disiplin terhadap pekerjaan (X2) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 16,31% dan aspek faktor disipin terhadap prosedur kerja (X3) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 28,06%. Dari tiga aspek disiplin kerja yang memberikan pengaruh dominan secara parsial terhadap kualitas pelayanan pada Dinas Perumahan Penataan Ruang dan Kebersihan UPTD Wilayah Soreang Kabupaten Bandung, yaitu aspek faktor disiplin terhadap waktu (X1) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesr 29,61%.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Mar 2016 06:45
Last Modified: 17 Mar 2016 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item