PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, OPINI AUDIT DAN REPUTASI KAP TERHADAP KETEPATAN WAKTU PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

SARI TRI LESTARI, 144020052 and Pembimbing I, Dr. H. Liza. Laila.Nurwulan., SE., MSi., AK., CA (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, OPINI AUDIT DAN REPUTASI KAP TERHADAP KETEPATAN WAKTU PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pelaporan keuangan merupakan sarana bagi perusahaan untuk menyampaikan berbagai informasi dan pengukuran secara ekonomi mengenai sumber daya yang dimiliki kepada berbagai pihak yang berkepentingan terhadap informasi tersebut. Ketepatan waktu merupakan ketersediaan informasi bagi pembuat keputusan pada saat dibutuhkan sebelum informasi tersebut kehilangan kemampuan untuk mempengaruhi sebuah keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, opini audit dan reputasi KAP terhadap ketepatan waktu publikasi laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah 18 perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan jumlah sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu publikasi laporan keuangan, sedangkan opini audit dan reputasi KAP berpengaruh terhadap ketepatan waktu publikasi laporan keuangan. Secara simultan ukuran perusahaan, opini audit dan reputasi KAP berpengaruh terhadap ketepatan waktu publikasi laporan keuangan. Besarnya pengaruh ketiga variabel independen tersebut yaitu sebesar 32,9 %. Kata kunci : ukuran perusahaan, opini audit, reputasi KAP, ketepatan waktu

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 06 Oct 2018 03:08
Last Modified: 06 Oct 2018 03:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37657

Actions (login required)

View Item View Item