PENGARUH SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X DI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG

Siti Rohimah, 145020099 (2018) PENGARUH SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X DI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran sosial ekonomi orang tua siswa, untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh sosial ekonomi orang tau siswa terhadap prestasi belasar siswa dalam mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X di SMK Pasundan 4 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan metode dalam penelitian ini adalah metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1dan X AP 2 SMK Pasundan 4 Bandung yang berjumlah 62 siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan menggunakan Teknik probability sampling yaitu dengan teknik acak. Pengumpulan data dilakukan melalui alat ukur yang berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah asosiatif kausal dengan menggunakan SPSS versi 23,0 for window. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel sosial ekonomi berada pada kategori rendah dan variabel prestasi belajar berada pada kategori baik. Selain itu, berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh melalui uji Wilcoxon menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,01 yang artinya lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian dapat diterima sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bagi pihak sekolah diharapkan sekolah lebih memperhatikan tenaga pendidik agar seluruh tenaga pendidik penting dalam mewujudkan tujuan Pendidikan yang mempunyai generasi penerus bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia, sehingga guru haruslah selalu membimbing, mengarahkan dan mendidik anak didiknya agar selalu dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi belajarnya, bagi siswa diharapkan siswa dapat memiliki keyakinan yang kuat untuk lebih baik dalam proses belajar karena dengan keyakinan yang kuat dalam proses belajar akan menjadikan siswa memiliki mental yang kuat untuk terus memperbaiki diri. bagi orang tua diharapkan dengan memahami sosial ekonomi orang tua bisa memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar, maka orang tua yang cenderung bermata pencaharian sebagai buruh/petani harus bisa mendukung anak-anaknya dalam meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik, bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih mendalam mengenai sosial ekonomi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan prestasi belajar yang diperoleh siswa yang lebih efektif. Kata Kunci: Sosial Ekonomi, Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2018 07:23
Last Modified: 04 Oct 2018 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37397

Actions (login required)

View Item View Item